Stamina
Meningkatkan Stamina

Manusia memerlukan energi atau stamina dalam melakukan aktivitas setiap saat. Dengan stamina yang terjaga dengan baik maka menjalankan aktivitas pun akan terasa ringan. Stamina adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dalam melakukan sesuatu baik itu bekerja, bermain, belajar, dan lain sebagainya. Oleh karena itu penting rasanya bagi setiap orang untuk tetap menjaga stamina agar tetap fit dalam menjalankan rutinitasnya.

Tidak banyak orang yang peduli untuk menjaga stamina tubuhnya agar tetap fit dan bugar. Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus dimana seseorang merasa cepat letih dan lebih parahnya lagi tertidur saat melakukan aktivitasnya. Tentu saja hal ini sangat merugikan karena menurunkan kinerja.

Namun tenang saja karena ada beberapa tips untuk menjaga stamina supaya tetap terjaga.

Makanan yang sehat dan seimbang

Makanan yang sehat dan seimbang adalah salah satu kunci paling penting untuk menjaga stamina dalam tubuh. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa manusia mendapatkan asupan atau sumber energi dari makanan yang dibakar di dalam sistem metabolisme yang kemudian akan diuraikan menjadi energi. Jika makanan yang dikonsumsi baik, maka energi yang dihasilkan pun akan baik pula adanya.

Makanan yang sehat dan seimbang haruslah mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, dan serat. Anda bisa mendapatkan karbohidrat pada nasi, protein dan lemak pada daging, vitamin, mineral dan serat pada buah – buahan atau sayur – sayuran.
Akan tetapi ingatlah untuk mengkonsumsi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, dan serat dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Karena jika sesuatu dikonsumsi secara berlebihan maka akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Asupan cairan yang cukup

Untuk sekedar diperhatikan bahwa anjuran meminum air 2 liter setiap harinya bukanlah harus dari air putih saja. Anda bisa memenuhi asupan cairan pada tubuh dari sumber lain seperti buah – buahan yang mengandung air. Dan untuk diperhatikan kembali bahwa kita tidak sontak harus meminum sekaligus cairan sebanyak 2 liter dalam satu waktu. Minumlah jika anda merasa haus dan butuh minum dengan porsi yang tepat sehingga tidak menyebabkan anda kekenyangan air. Meminum air 2 liter setiap harinya pun sebenarnya tidak bisa menjadi patokan untuk mencukupi konsumsi cairan tubuh setiap harinya. Karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda – beda dan tentu saja kebutuhan asupan cairannya pun berbeda – beda. 2 liter air adalah jumlah minimum seseorang mengkonsumsi air setiap harinya karena aktivitas setiap orang pun berbeda. Aktivitas yang berat dan mengeluarkan banyak keringat akan membuat tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak.

Olahraga teratur

Stamina hanya dapat digunakan dengan baik atau secara maksimal jika tubuh dalam keadaan sehat. Coba perhatikan seseorang yang sedang sakit, mereka akan merasakan lemas dan letih serta serasa tidak memiliki stamina di dalam tubuhnya. Inilah mengapa olahraga merupakan salah satu kunci untuk menjaga stamina agar tetap fit.
Untuk menjaga stamina agar tetap fit, lakukanlah olahraga secara rutin setiap harinya paling tidak 30 menit perhari. Semakin sering anda berolahraga secara teratur maka secara otomatis tubuh anda akan berimprovisasi dan stamina anda pun akan meningkat.

Tidur yang cukup

Tidur adalah salah satu rutinitas yang wajib dilakukan semua orang setiap harinya untuk menjaga kestabilan tubuh. Kurang tidur dapat memberikan efek yang tidak baik pada diri kita baik secara fisik ataupun mental. Saat seseorang kurang tidur daya ingatnya pun akan lebih lambat, susah berkonsentrasi, kurang bergairah, malas, dan masih banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan akibat kurang tidur. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas maka pengisian energi akan lebih sempurna sehingga keesokan harinya anda memiliki stamina yang tetap terjaga.

Sari Kurma Azzahra produksi CV Syifa Herbal Alami merupakan salah satu asupan yang baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh Anda.