Recovery Dengan Sari Kurma Pasca Melahirkan

Recovery Dengan Sari Kurma Pasca Melahirkan

Manfaat Sari Kurma untuk Mengembalikan Energi Pasca Melahirkan (Recovery)

Syifa Herbal Alami – Sari kurma adalah minuman herbal yang berasal dari buah kurma, buah kurma sendiri merupakan sumber kalium bagi tubuh dan mengandung nutrisi penting lainnya seperti magnesium, tembaga dan mangan.

Menurut penelitian dari Jordan University of Science and Tecnology terbitan Journal of Obstetrics and Gynaecology, perempuan yang rutin mengkonsumsi kurma selama hamil tua dilaporkan menjalani proses persalinan normal yang lebih lancar tanpa perlu bergandung pada induksi medis dari dokter. Seperti memperlancar prosuksi ASI, menyuplai oksitosin sehingga mempercepat konstraksi, proses bukaan lebih cepat dan mengembalikan tenaga seelah melahirkan.
Baca juga; Manfaat Sari Kurma Azzahra untuk Kesehatan

Manfaat Sari Kurma Untuk Mengembalikan Tenaga Setelah Melahirkan

Melahirkan bukanlah proses yang mudah. Apalagi jika melahirkan dengan proses normal. Konstraksi yang berjam jam dan menguras tenaga saat melahirkan pasti akan sangat melelahkan. Tetapi bukan berarti yang melahirkan dengan metode caesar tidak mengalami kelelahan. Karena menahan rasa sakit saat menjalani proses sebelum operasi dan pasca operasi tidaklah mudah.

Maka dari itu memulihkan tenaga secepat mungkin harus sudah direncanakan supaya tidak merasa lelah berkepanjangan yang bisa sampai menyebabkan gangguan mental dan juga baby blues. Salah satu cara yang untuk mengembalikan tenaga setelah melahirkan adalah dengan mengkonsumsi sari kurma.

Dalam sebutir kurma terdapat protein 1,8 – 2%, serat 2-4, glukods 50-57%. Kandungan beberpa zat ini menurut penelitian dapat mengembalikan tenaga yang sempat hilang dan menurun pada proses persalinan. Tenaga akan pulih kembali setelah mengkonsumsi buah kurma setiap hari.

Baca juga; Manfaat Zat Besi dalam Sari Kurma Azzahra

Selain itu, buah ini sangat bermanfaat dikonsumsi usai proses persalinan karena dapat mengembalikan tenaga ibu dalam waktu singkat. Kandungan gula yang terdapat dalam kurma adalah jenis glukosa yang mudah diserap tubuh sehingga aman untuk ibu yang menderita diabetes.

Selain mengkonsumsi sari kurma, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan tenaga setelah melahirkan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembalikan tenaga setelah melahirkan.

1. Mengontrol Emosi

Untuk membuat tubuh merasa segar dan sehat bersumber dari emosi yang stabil dan merasa nyaman dengan keadaan saat ini. Memang tidak mudah apalagi jika pertama kali melahirkan syndrom baby blues membuat tidak berdaya sehingga terus terusan merasa letih. Pengelolaan emosi yang baik akan memberi sugesti yang positif untuk recovery tenaga lebih cepat.

2. Meminum Lebih Banyak Air Putih

Saat melahirkan dengan proses normal, ibu akan mengeluarkan cairan lewat keringat. Untuk itu, setelah melahirkan wajib meminum air putih. Air putih dapat membantu melancarkan peredaran darah dan dapat memberi kesegaran dalam tubuh.

3. Meminum Jamu

Jamu adalah minuman rempah rempah khas Indonesia yang mempunyai banyak manfaat. Jamu yang paling sering diberikan kepada perempuan yang baru melahirkan adalah kunyit asem. Kunyit asem dipercaya mampu memulihkan tenaga juga bermanfaat untuk penyembuhan jahitan setelah melahirkan.

4. Makan Makanan Bergizi

Makanlah makanan yang mengandung gizi yang seimbang karena jika asupan makanan kurang, selain tidak baik untuk kualitas ASI, akan mempengaruhi regenerasi sel dalam tubuh yang akan membuat ibu terus merasa letih bahkan sakit sakitan.

Baca juga; Manfaat Sari Kurma Tingkatkan Vitalitas

5. Tidur Cukup

Untuk memulihkan tenaga, usahakan tidur minimal empat jam dalam keadaan benar benar tanpa gangguan.

Dengan banyaknya kandungan dalam sari kurma sebaiknya ibu yang baru melahirkan mengkonsumsi secara rutin agar tenaga yang terkuras saat proses persalinan kembali.