Ragam Manfaat Daun Bidara & Habbatussauda

Ragam Manfaat Daun Bidara & Habbatussauda

Daun Bidara

Syifa Herbal Alami – Daun bidara merupakan daun yang berasal dari pohon bidara yang biasanya tumbuh di tempat kering. Bidara juga merupakan sebutan untuk tanaman ini dalam bahasa Indonesia. Pohon ini pun dapat menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi. Selain buahnya yang dapat dimakan, daun bidara pun ternyata dapat dijadikan obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Tumbuh tinggi hingga sekitar 15 meter, pohon bidara memiliki ranting dan cabang yang sangat banyak dan disertai duri. Bentuk daun bidara yaitu oval dan ujungnya yang mengerucut serta permukaan daun yang halus.

Pohon bidara banyak tumbuh di Indonesia, namun masyarakat di Indonesia masih banyak yang belum mengetahui karakteristik pohon bidara, sehingga sering dianggap pohon bidara hanyalah semak belukar biasa yang tumbuh liar. Maka dari itu ada banyak sekali pohon bidara yang ditebang habis, padahal pohon bidara memiliki banyak sekali manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Tetapi pohon bidara ini akan mudah sekali tumbuh kembali, sebab dari sisa-sisa pohon yang sudah ditebang akan tumbuh tunas-tunas baru yang muncul dari biji buah bidara yang jatuh berguguran.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda untuk Penyakit Diabetes

Penting Anda ketahui, daun sekaligus pohon bidara beberapa kali disebutkan dalam kitab suci Al-Quran maupun hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Hal itu menggambarkan bahwa tanaman bidara ini memiliki kegunaan yang berkaitan khususnya bagi umat muslim. Tak hanya itu bidara juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun dan Pohon Bidara Dalam Agama Islam

Daun dan Pohon Bidara Ada dalam Al-Quran

Di dalam kitab suci Al-Quran, pohon bidara ini beberapa kali disebutkan. Salah satunya yaitu:

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ. فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ

Artinya: “Dan golongan kanan, alangkah bahagiannya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri.” (Q.S Al-Waqiah: 27-28).

Singkatnya, yang dimaksud golongan kanan adalah golongan yang akan masuk surga. Dan kemudian nantinya di dalam surga meraka para golongan kanan berada di antara pohon bidara yang tidak berduri. Para ulama telah mentafsirkan dan menjelaskan bahwa pohon bidara itu adalah pohon bidara yang telah dipotong duri-durinya.

Daun Bidara juga Disebutkan dalam Hadits

1. Qois bin ‘Ashim radhiyallahu ‘anhu

أَنَّهُ أَسْلَمَ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَغْتَسِلَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

“Sesungguhnya beliau masuk islam, kamudian Nabi shallallahu’alaihiwasallam memerintahkannya untuk mandi dengan air disertain daun bidara.” (HR. An Nasai no. 188, At Tirmidzi no. 605, Ahmad 5/61. Syaikh Al Albani mengatakan hadits tersebut shahih).

2. Ummu ‘Athiyah

Hadits yang lain yang mana menjelaskan perihal suruhan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ummu ‘Athiyah dan para wanita yang melayat untuk memandikan anaknya.

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus (wewangian).” (HR. Bukhari no. 1253 dan Muslim no. 939).

3. ‘Aisyah

hadits ‘Aisyah bahwasanya Asma` binti Syakal bertanya kepada Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam tentang mandi Haid, maka Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam menjawab:

“Hendaklah salah seorang di antara kalian mengambil air dan daun bidara kemudian bersuci dengan sempurna kemudian menyiram kepalanya dan menyela-nyelanya dengan keras sampai ke dasar rambutnya kemudian menyiram kepalanya dengan air. Kemudian mengambil sepotong kain (atau yang semisalnya) yang telah diberi wangi-wangian kemudian dia bersuci dengannya. Kemudian Asma` bertanya lagi : “Bagaimana saya bersuci dengannya?”. Nabi menjawab : “Subhanallah, bersuci dengannya”. Kata ‘Aisyah : “Seakan-akan Asma` tidak paham dengan yang demikian, maka ikutilah (cucilah) bekas-bekas darah (kemaluan)”. (HR. Muslim)

Manfaat yang Dimiliki Pohon Bidara

1. Memandikan Jenazah

Dalam islam, semua kegiatan hingga gerak-gerik umat muslim sehari-harinya telah diatur secara lengkap oleh Alloh dan Nabi Muhammad SAW. Di mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur lagi. Bahkan untuk perihal pengurusan jenazah pun sudah dijelaskan tata caranya.

Dalam hadits yang telah diketahui diatas sudah disebutkan bahwa pada saat memandikan jenazah dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampurkan dengan daun bidara. Sebab di dalam daun bidara ada semacam kandungan alami untuk membersihkan kotoran.

Di saat daun bidara kita remas dan dicampurkan dengan air maka dapat menghasilkan busa yang dapat digunakan untuk memandikan jenazah.

2. Obat dari Gangguan Jin dan Sihir

Manfaat daun bidara yang paling populer adalah digunakan untuk keperluan ruqyah. Pada prakteknya daun bidara dimanfaatkan untuk ruqyah syar’iyyah dalam menangani masalah-masalah yang disebabkan oleh sihir-sihir dan jin yang dikirimkan oleh para ahli sihir atau dukun.

Wahb bin Munabih merupakan salah satu tabi’in yang ahli dalam ilmu kedokteran, dimana ia menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk sampai halus. Lalu, daun bidara yang telah halus tersebut dilarutkan ke dalam air kemudian dibacakan ayat kursi, Al-Kafirun dan tiga qul (surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas) Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13).

Sehabis dibacakan ayat-ayat tadi, air daun bidara tadi diminum dan sisa airnya digunakan untuk mandi. InsyaAlloh penyakit-penyakit yang diakibatkan dari gangguan jin dan sihir kiriman akan menghilang.

3. Gangguan Akut

Jika ada seseorang yang terkena ujian berupa gangguan jin dan sihir yang sudah parah sekali atau sudah akut, sebaiknya ia mengharapkan pahala atas musibah yang dialaminya seraya terus berikhtiar dalam melakukan pengobatannya.

Seorang ulama dari Arab Saudi yang bermana Dr. Said bin Ali bin Wahf Al-Qahtano Rahimahullah menjelaskan metode pengobatan dari gangguan jin dan sihir yang dijelaskan dalam bukunya yang berjudul Ad-Du’a wa Yalihi Al-Ilaj bi Ar-Ruqo (Hal. 35).

  • Tumbuk halus 7 daun bidara lalu campurkan kedalam air
  • Bacakan ayat-ayat berikut di dekat air (di luar kamar mandi)
  1.  Membaca ta’awudz
  2. Ayat kursi
  3. Al-A’raf ayat 117-122
  4. Yunus ayat 79-82
  5. At-Taha ayat 65-70
  6. Al-Kafirun, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas
  7. Minum air tersebut sebanyak 7 kali sisipan
  8. Gunakan sisa air untuk campuran pada saat mandi
  9. Lakukan cara ini beberapa kali hingga efek dan pengaruh jin atau sihir hilang.

4. Membersihkan Gangguan Jin dalam Rumah Angker

Salah satu masalah yang juga banyak terjadi di masyarakat Indonesia yaitu rumah angker atau rumah yang memiliki banyak kejadian atau hal-hal aneh akibat dari perbuatan ataupun gangguan jin. Cara yang paling efekti yaitu membacakan surah Al-Baqarah secara utuh satu surah.

Hal tersebut berdasarka dari hadits Nabi Muhammad SAW, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surah Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780 dan Tirmidzi 2877).

Selain dibacakan surah Al-Baqarah, kalian dapat mengkombinasikan dengan campuran air bidara yang telah dibacakan ayat-ayat ruqyah atau dengan bacaan surah Al-Baqarah tadi.

Air bidara tadi kemudian dipercikkan ke pojok-pojok rumah dan tempat-tempat yang dirasa banyak terjadi gangguan jin.

5. Untuk Mandi Setelah Haid

Seperti yang telah disebutkan dalam salah satu hadits diatas. Di dalamnya dijelaskan bahwa Rasulullah memerintahkan untuk membersihkan kemaluan wanita pasca masa haid/menstruasi dengan daru bidara.

6. Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Lancar

Untuk wanita, menstruasi merupakan suatu kepastian sebab sunnatullah. Dalam hal ini, tak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang lancar dan normal. Ada beberapa wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Padahal siklus menstruasi ini merupakan suatu masalah yang sangat penting khususnya bagi wanita secara kesehatan maupun dalam hal untuk memiliki momongan.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda Cegah Stroke

Jika Anda mengalami hal itu, Anda dapat memanfaatkan daun bidara sebagai obat herbal yang diminum secara rutin. InsyaAllah dengan rutin disertai kesabaran, maka masalah menstruasi yang tidak teratur pada Anda akan teratasi.

7. Bidara untuk Kecantikan

Mempunyai wajah yang cantik, bersih, terawat dan sehat tentunya adalah keinginan setiap wanita. Anda dapat menggunakan masker dari daun bidara untuk mendapatkan semua hal yang telah disebutkan.

Wajah adalah pemberian dari Alloh untuk kita jaga dan merawatnya dengan baik itu sama halnya dengan kita bersyukur atas apa yang telah diberikan.

8. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan hal yang membuat setiap pribadi menjadi jengkel jika muncul diwajah. Apalagi jika jerawat tersebut membandel dan muncul di tempat-tempat yang membuat wajah tidak enak dipandang. Penting kalian ketahui, selain untuk kecantikan, daun bidara mampu juga mengatasi masalah terkait jerawat.

Dengan menggunakan daun bidara yang dijadikan sebagai masker dan diaplikasikan ke wajah dengan rutin, maka hasil yang didapat akan bermanfaat untuk mengatasi keluhan masalah jerawat.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat lain dari daun bidara yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka. Mulai dari luka goresan, luka bakar maupun luka-luka lainnya dapat mengering dengan lebih cepat. Sebab didalamnya terdapat suatu zat alami yang dapat membantu menghentikan pendarahan sehingga luka menjadi lebih cepat membaik.

10. Mencegah Penyakit Diabetes

Saat ini penyakit diabetes semakin menjadi momok yang mengerikan bagi masyarakat, sebab tak hanya menyerang golongan tua saja, tetapi tidak menutup kemungkinan golongan muda juga ikut terkena dan tidak mengenal jenis kelamin. Bagi Anda, keluarga, sanak saudara dan teman Anda yang sedang mengalami penyakit diabetes, dapat dicoba ramuan dari bahan daun bidara untuk membantu menurunkan kadar dula dalam darah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi dengan rutin serta doa yang ikhlas. Sebab yang maha menyembuhkan adalah Alloh Yang Maha Esa. Dan semoga melalui dari tanaman obat herbal bidara ini penyakit diabetes yang dialami dapat segera sembuh.

11. Meredakan Demam

Apabila anak Anda atau bahkan Anda sendiri yang sedang mengalami demam, obat herbal dari daun bidara ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pereda demam. Dengan dikonsumsi air dari campuran daun bidara insyaAllah demam akan segera mereda.

12. Mencegah Penyakit Kanker dan Tumor

Kanker dan Tumor merupakan dua penyakit yang saling berhubungan satu sama lain. Di saat tumor jinak tidak ditangani dengan cepat maka tumor tersebut akan berubah menjadi tumor ganas atau yang sering disebut sebagai kanker. Kedua penyakit ini juga menjadi salah satu penyebab kematian manusia di dunia.

Dengan mengkonsumsi obat herbal dari daun bidara secara rutin dapat mencegah bahkan menghentikan pertumbuhan tumor dan sel-sel kanker dalam tubuh.

13. Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung merupakan salah satu bagian yang vital dalam tubuh manusia. Sebab fungsi lambung sebagai tempat penampungan serta pengolahan makanan sebelum dilanjutkan ke bagian usus. Di saat terjadi masalah pada lambung, maka akan timbul banyak penyakit yang akan membuat kinerja pengolahan makanan terganggu. Seperti penyakit maag, asam lambung, atau bahkan kanker lambung dan usus.

Habbatussauda

“Sesungguhnya di dalam habbatussauda itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali As-Saam (Kematian).” – (HR. Bukhori & Muslim).

Seperti yang ada pada hadits di atas, habbatussauda memiliki begitu banyak khasiat dan manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Habbatussauda sendiri di Indonesia sering disebut dengan nama jintan hitam.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda Turunkan tekanan Darah Tinggi

Namun, nama ilmiah dari habbatussauda itu sendiri adalah Nigella Sativa (Linn), biasa tumbuh di dataran laut Mediterania, Saudi Arabia, benua Eropa, Afrika dan juga Asia. Di negara besar di benua Eropa seperti Austria dan Jerman, habbatussauda selain digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan dapur, habbatussauda sudah dikembangkan menjadi obat alternatif berbahan dasar tanaman herbal habbatussauda tersebut. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya simak informasi selengkapnya berikut ini:

Manfaat Habbatussauda

1. Manfaat Habbatussauda Atasi Penyakit Diabetes

Pada Tahun 2014, Universitas Teknologi Mara, Malaysia melakukan penelitian yang menghasilkan fakta bahwa injeksi Thymoquinone yang terdapat di dalam ekstrak habbatussauda telah terbukti dapat memperlambat dan bahkan menghentikan gejala penyakit diabetes tipe 1 secara total.

Bukan hanya itu saja, tim dari Universitas Zagazig, Mesir melalukan penelitian dan menemukan fakta menarik, bahwa ekstrak habbatussauda yang dicampurkan dengan beberapa bahan rempah-rempah khas Timur Tengah terbukti dapat menurunkan kadar gula pada darah tikus lab yang dijadikan sebagai bahan penelitian.

Itu lah sebabnya mengapa produk Habbatussauda diyakini dapat mengobati penyakit diabetes tipe 1.

2. Menormalkan Tekanan Darah Tinggi

Para peneliti yang berasal dari Shahrekord University of Medical Science, Iran membuktikan manfaat habbatussauda terkait tekanan darah tinggi. Menurut hasil penelitian mereka, mengkonsumsi pil yang terbuat dari ekstrak habbatussauda dalam kurun waktu 60 hari dan dikonsumsi secara teratur telah terbukti dapat menurunkan tekanan dari tinggi skala medium menjadi normal.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dengan cara mengkonsumsi pil ekstrak habbatussauda akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia, tetapi cara tersebut hanya berpengaruh pada seseorang yang kadar kolesterolnya tinggi saja.

4. Melawan Sel Kanker dalam tubuh Manusia

Para ilmuan sudah membuktikan bahwa habbatussauda ini bermanfaat sebagai anti-tumor bagi tubuh manusia. Hal tersebut dipublikasikan di Kongres Kanker Internasional di New Delhi, oleh para ilmuwan kanker dari Immuno-Biology Laboratory di South California.

Bahkan habbatussauda bermanfaat untuk merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan di dalam tubuh, yang dapat menghancurkan sel-sel tumor dan memperkuat antibodi tubuh. Menurut hasil penelitian juga menyebutkan bahwa zat yang terkandang di dalam habbatussauda berupa thymoquinone dan thymohydroquinone ini terbukti dapat menurunkan 52% sel tumor.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Habbatussauda memiliki kandungan senyawa antioksidan etanol yang cukup tinggi. Nah, selain dapat membantu menghambat pertumbuhan jaringan sel kanker, kandungan senyawa antioksidan yang terdapat dalam Habbatussauda ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.
Berdasarkan pemaparan dari Profesor G Reimuller, seorang Direktur Institut Immunologi dari Universitas Munich, mengungkapkan bahwa, habbatussauda berperan untuk memperuat imun tubuh, sehingga tubuh dapat lebih kuat dalam menangkal serangan penyakit.

Kandungan nutrisi di dalam seperti protein, vitamin, mineral ini sangat ampuh dalam mencegah reaksi peradangan pada tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan mengontrol keseimbangan hormonal di dalam tubuh.

Jika anda sering mengalami sakit kepada, bisa jadi akibat beban kerja, stres atau penyebab lainnya, anda dianjurkan untuk mengonsumsi habbatussauda.

Bahkan untuk anda yang mengalami masalah asam lambung (gastritis) maka konsumsi habbatussauda tidak banyak membantu. Hal utama yang perlu dilakukan dalam mengatasi asam lambung adalah hindari makanan yang sangat pedas dan asam.

Terdapat beberapa bukti ilmiah yang menunujukan kandungan di dalam habbatussauda mampu secara efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk bisa bekerja untuk menangkal perkembangan kanker dan menurunkan reaksi alergi dari efek antihistamin.

6. Dapat mencegah penyakit alzhaimer

Manfaat habbatussauda yang luar biasa selanjutnya adalah untuk mencegah alzheimer. Para peneliti memaparkan bahwa habbatussauda bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir, memperkuat perhatian dan kewaspadaan, serta bisa memulihkan ingatan.

7. Habbatussauda untuk kesehatan kulit

Manfaat yang selanjutnya dimiliki habbatussauda adalah menjaga kesehatan kulit manusia. Caranya dapat meminum ekstrak habbatussauda yang berbentuk kapsul atau mengoleskan minyak habbatussauda pada kulit langsung.

Habbatussauda juga mengandung vitamin dan omega yang bermanfaat untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, manfaatnya juga mampu untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini (anti-aging).

Tidak hanya itu saja, minyak jintan hitam (habbatussauda) ini juga mampu mengurangi rasa sakit dan iritasi pada kulit. Dengan memiliki sifat anti peradangan, maka habbatussauda ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Untuk penggunaannya bisa dengan mengolesan minyak jintan hitam.

Untuk penggunannya, pertama-tama oleskan minyak Jintan Hitam pada wajah (sebelumnya wajah dibasahi dan dibersihkan dengan air), lalu diamkan selama 15 menit, terakhir bilas wajah hingga bersih. Lakukan seminggu beberapa kali untuk manfaat mempertahankan keremajaan kulit.