Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive OilExtra Virgin Olive Oil atau minyak zaitun merupakan jenis minyak yang ringan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Extra Virgin Olive Oil sangat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yaitu jenis lemak yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Tidak ada minyak yang diproduksi secara alami lainnya yang memiliki jumlah lemak tak jenuh tunggal seperti yang terkandung dalam Extra Virgin Olive Oil, terutama asam oleat. Selain itu juga kaya akan polifenol dan antioksidan, termasuk hydroxytyrosol, oleuropein dan tyrosol.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari extra virgin olive oil (minyak zaitun ekstra murni):

  1. Minyak Zaitun dengan Jantung

Arteriosclerosis

Menurut penelitian minyak zaitun terbukti memiliki efek untuk mencegah pembekuan darah yag berlebihan. Diet dengan minyak zaitun dapat mengurangi terjadinya pembekuan darah atau sumbatan pada pembuluh darah, sehingga berkontribusi terhadap rendahnya angka gagal jantung.

Kolesterol

Minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, yaitu kolesterol LDL dan trigliserida. Pada saat yang sama, minyak zaitun tidak menurunkan kadar kolesterol HDL, bahkan bisa jadi malah meningkatkan kadarnya dalam darah. Kolesterol HDL adalah kolesterol baik yang berperan sebagai pelindung dan mencegah pembentukan gumpalan lemak.

  1. Antioksidan dalam Minyak Zaitun

Hasil penelitian telah membuktikan bahwa vitamin E (alfa-tokoferol), karotenoid, dan senyawa fenolik merupakan antioksidan yang bermanfaat dalam pencegahan penyakit tertentu. Minyak Zaitun sangat kaya akan zat-zat yang memiliki efek antioksidan yang kuat, sehingga melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas dan melawan pembentukan kanker.