Penyebab & Cara Mengatasi Anemia

Penyebab & Cara Mengatasi Anemia

Anemia

Syifa Herbal Alami – Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk meyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dengan kondisi tersebut, penderita biasanya akan merasa letih dan lelah, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara optimal.
Anemia dapat terjadi dalam jangka pendek maupun panjang, dengan tingkat keparahan ringan sampai berat. Pengobatan kondisi ini bervariasi tergantung pada penyebabnya. Anemia dapat diobati dengan mengkomsumsi supleman habbatussauda atau prosedur pengobatan khusus.

Penyebab Anemia

Anemia terjadi pada saat tubuh kekurangan sel darah merah sehat yang mengandung hemoglobin. Terdapat sekitar 400 kondisi yang dapat menyebabkan anemia pada seseorang dan di bagi tiga kelompok yaitu :

1. Tubuh tidak cukup memproduksi sel merah

Terjadi pendarahan yang menyebabkan tubuh kehilangan darah lebih cepat dibanding kemampuan tubuh untuk memproduksi darah.

2. Kelainan pada reaksi tubuh dengan menghancurkan sel darah merah yang sehat.

Berikut ini jenis-jenis anemia berdasarkan penyebabnya

3. Anemia akibat kekurangan zat besi

Anemia jenis ini merupakan yang paling umum terjadi di seluruh dunia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh mengalami anemia dikarenakan sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk membuat sel darah. Anemia dapat terjadi pada wanita hamil yang tidak mengkomsumsi supleman penamabah zat besi. anemia juga dapat terjadi pada pendarahan menstruasi yang banyak, tukak organ luka, kanker, dan penggunaan obat pereda nyeri seperti aspirin.

4. Anemia akibat kekurangan vitamin

Selain membutuhkan zat besi, tubuh juga membutuhkan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Kekurangan dua unsur nutrisi tersebut dapat menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah sehat dalam jumlah cukup sehingga terjadi anemia. Pada beberapa kasus, terdapat penderita anemia akibat lambung tidak dapat meyerap vitamin B12 dari makanan yang dicerna. Kondisi tersebut dinamakan anemia pernisiosa.

5. Anemia akibat penyakit kronis

Sejumlah penyakit dapat menyebabkan anemia karena terjadinya gangguan pada proses pembentukan dan penghancuran sel darah merah. Contohnya penyakit ginjal dll.

Cara mengatsi anemia

1. Tingkatkan asupan zat besi

Jika anda menggunakan supleman zat besi sesuai anjuran, kadar zat besi dalam tubuh anda seharusnya lama-kelamaan akan meningkat, dan hal ini dapat mengatasi anemia akibat defisiensi zat besi. Namun penggunaan supleman zat besi memiliki beberapa efek samping seperti tinja bewarna gelap, sakit perut, sensasi terbakar di dada, serta konstipasi.

2. Gunakan vitamin B12

Jika anemia yang anda alami dikabarkan oleh defisiensi vitamin, minumlah supleman vitamin B12 sesuai anjuranya. Kemungkinan besar anda akan mengkomsumsi vitamin B12. Selain dari supleman anda juga bisa memperoleh vitamin B12 dari makanan meliputi:
  • Telur
  • Susu
  • Keju
  • Daging
  • Ikan
  • Kerang
  • Unggas

3. Tingkatkan asupan folat (asam folat)

Asam folat adalah vitamin B lain yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah. Defisiensi asam folat dapat meyebabkan anemia. Asupan asam folat dari sumber makanan :
  • Roti, pasta, dan beras yang difortifikasi asam folat
  • Bayam dan sayuran hijau lainnya
  • Kacang tolo dan kacang kering
  • Hati sapi
  • Telur
  • Pisang, jeruk, dan beberapa buah dan sari buah lainnya.