Pantangan & Anjuran Penderita Penyakit Bronkitis

Pantangan & Anjuran Penderita Penyakit Bronkitis

Pengertian Penyakit Bronkitis

Syifa Herbal Alami – Mendengar kata bronkitis, dirasa pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Mungkin salah satu teman, rekan kerja atau keluarga Anda pernah mengalami penyakit yang menjangkiti saluran pernafasan ini. Bronkitis merupakan istilah umum, dimana kondisi bronkus pada paru-paru mengalami infeksi yang menimbulkan iritasi dan peradangan. Bronkus merupakan salah satu bagian pernafasan yang berbentuk mirip dengan pipa tabung yang merupakan cabang dari trakea (batang tenggorok), dimana fungsinya untuk membawa oksigen ke paru-paru kanan serta kiri. Dalam hal ini, dinding bronkus memproduksi lendir sebagai mekanisme pertahanan tubuh untuk menangkap debu atau partikel lain yang dapat menyebabkan iritasi. Meskipun begitu, masih ada banyak orang yang salah mengenali gejala-gejala penyakit ini. Memang betul, kebanyakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini memiliki gejala yang hampir mirip. Tetapi, ada beberapa gejala yang menandakan seseorang sedang terkena penyakit bronkitis.

Gejala Penyakit Bronkitis

Bronkitis dapat muncul pada saat terjadi peradangan pada saluran pernafasan khususnya yang mengalirkan udara dari hidung ke paru-paru yaitu bronkus. Seperti yang dijelaskan di atas penyebab terjadinya bronkitis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang terjadi pada saluran bronkus tersebut. Infeksi brokus bisa pula muncul setelah penyakit akibat infeksi lain terjadi seperti batuk, flu dan infeksi saluran pernafasan bagian atas lainnya. Berikut ini gejala-gejala yang menjadi indikasi adanya penyakit bronkitis:

1. Batuk

Batuk merupakan gejala penyakit bronkitis yang paling umum dan juga mudah terlihat. Batuk yang muncul biasanya seperti batuk kering. Dalam beberapa waktu atau hari, batuk ini dapat berubah menjadi batuk yang berdahak yang membawa lendir dari paru-paru. Dahak yang timbul biasanya berwarna kuning kehijauan, hijau, bening ataupun putih. Pada penyakit bronkitis yang sudah akut atau kronis, terkadang dahak akan keluar dengan disertai darah.

2. Demam

Demam ringan yang biasanya hanya meningkat hingga suhu tubuh menjadi 38,50°C. Gejala ini merupakan salah satu gejala kunci, sebab gejala ini yang membedakan penyakit bronkitis dan pneumonia. Anda harus waspada jika suhu tubuh Anda melebihi 38,50°C, sebab demam dengan suhu tubuh yang tinggi dapat menjadi indikasi penyakit pneumonia.

3. Rasa Tidak Nyaman Pada Area Dada

Jika Anda merasakan hal yang membuat Anda tidak nyama khususnya pada area dada sekitarnya pada saat batuk atau menarik nafas panjang, itu dapat menjadi indikasi adanya penyakit bronkitis pada diri Anda, sensasi yang timbul dapat berupa nyeri, sesak nafas dan juga gatal pada bagian dalam dada.

4. Masalah Pada Hidung

Jika Anda mengalami hidung yang sering tersumbat walaupun Anda sedang tidak terjankit flu bisa dikatakan itu merupakan pertanda adanya penyakit bronkitis, hal tersebut dapat ditambah dengan tubuh yang sering terasa yang lelah terus menerus.

Biasanya gejala brokitis akan hilang setelah Anda beristirahat dan meminum air hangat sebanyak mungkin. Tetapi, jika gejala bronkitis tidak kunjung hilang dalam beberapa hari atau tetap muncul setelah hilang beberapa saat, mungkin Anda perlu berkonsultasi kepada dokter, mengenai gejala bronkitis yang mungkin sudah kronis tersebut.

Pantangan Untuk Penderita Penyakit Brokitis

Jenis makanan yang dapat memicu terbentuknya lendir harus segera dihindari oleh Anda. Diantaranya adalah; susu kental manis, cokelat, pisang dan makanan olahan seperti gorengan atau pun junk food harus dengan segera Anda hindari. Hindari juga gula yang diproses, minuman beralkohol serta berhenti atau jangan merokok.

  • Produk Susu – Saat Anda sedang mengalami penyakit brokitis, mengonsumsi susu dapat menyebabkan produksi dahak menjadi berlebihan dan membuat ketidaknyamanan dalam bernafas. Solusinya adalah Anda harus selektif dalam memilih produk susu, pilihlah susu rendah lemak (low fat milk) atau tanpa lemak sekalipun akan lebih baik. Yogurt akan dapat menjadi opsi yang lebih baik, sebab dapat membantu peningkatan sistem imunitas tubuh pada tubuh Anda yang sedang melemah.
  • Gorengan dan Makanan Berminyak – Hindarilah makanan yang mengandung minyak yang berlebihan seperti gorengan atau junk food sebab selain menimbulkan kolesterol makanan berminyak juga tidak sehat bagi Anda yang mengalami penyakit brokitis hal itu akan memperparah penyakit Anda. Sebaiknya makanan yang dikukus atau tidak digoreng lebih dianjurkan untuk dikonsumsi.
  • Kurangi mengonsumi makanan asin atau kadar garam yang terlalu banyak.
  • Jangan sampai Anda terpapar asap rokok atau janganlah Anda merokok.

Anjuran Untuk Penderita Penyakit Bronkitis

Di lain hal ada beberapa makanan yang justru sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pederita penyakit bronkitis sebab dapat meningkatan daya tahan tubuh dan membantu menyembuhkan penyakit bronkitis.

  • Anda dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi terutama yang berasal dari buah-buahan dan sayuran. Sebab buah dan sayuran sudah pasti mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan dalam masa penyembuhan penyakit.
  • Anda dapat mengonsumsi obat alternatif herbal jika dirasa obat dari resep dokter tidak efektif dan malah menimbulkan penyakit baru jika sudah terlalu sering dikonsumsi.
  • Mengonsumsi ekstrak jintan hitam habbatussauda dari HabbaSyifa yang memiliki kandungan thymoquinone dan anti-histamine yang berfungsi melegakan saluran pernafasan dan membantu penyembuhan penyakit bronkitis.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti sayuran hijau gelap, buah jambu, paprika, brokoli, kol, jeruk atau stroberi.

Pencegahan Penyakit Bronkitis

Dengan rajin mencuci tangan dan seksama memerhatikan kebersihan tangan dan juga alat makan dan minum Anda dapat menjadi langkah awal pencegahan penyakit bronkitis agar tidak menjangkiti tubuh Anda. Menggunakan masker serta helm pelindung jika berada di daerah yang menghamburkan bahan iritan seperti serat kain atau asap. Melakukan vaksin flu juga diyakini dapat mengurangi risiko indikasi penyakit bronkitis.

Tidak merokok dan segera berhenti merokok menjadi hal yang paling utama dalam pencegahan penyakit bronkitis. Asap dan berbagai macam bahan kimia dalam rokok yang akan memicu timbulnya penyakit tak hanyak bronkitis namun kanker juga dapat datang menyerang tubuh Anda. Semakin dini Anda menghindari hal-hal tersebut semakin baik manfaatnya bagi kesehatan paru-paru dan tubuh Anda.