Multi-Manfaat yang Terkandung Habbatussauda

Multi-Manfaat yang Terkandung Habbatussauda

 Multi-Manfaat Habbatussauda

Dalam Khazanah Islam, telah diriwayatkan sebuah hadits dalam Shohih Al-Bukhori dari Aisyah bahwa ia berkata, Rosululloh ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya habbatussauda ini merupakan penyembuh segala penyakit, kecuali As-Saam. ‘Aku bertanta,’Apakah As-Saam itu?’ Beliau menjawab,’Kematian’.”

Seorang ilmuwan muslim (989 M – 379 M), telah menulis terkait dengan asal-usul tanaman ini dari India serta berbagai nilai gizi dan manfaat pengobatan yang terkandung di dalamnya. Di dalam pengobatan Yunani dan Arab yang fondasi ilmiahnya dibangun oleh Hipokrates, Galinus dan Ibnu Sina, habbatussauda memiliki kedudukan yang tinggi, sebab berperan penting dalam pengobatan alternatif penyakit liver dan sistem pencernaan. Ibnu Sina menyampaikan pendapatnya dalam bukunya yang terkenal yaitu Al-Qonun fith Thibb, bahwa habbatussauda dapat meningkatkan energi dan membantu mengatasi kelelahan serta mempercepat penyembuhan.

Baru-baru ini, ada sekitar 150 penelitian yang telah dimuat dalam berbagai macam jurnal ilmiah yang semakin memperkuat bukti tentang berbagai khasiat dan manfaat yang sering disebut-sebutkan oleh orang-orang terdahulu tentang habbatussauda ini. Penelitian-penelitian tersebut kebanyakan berasal dari negara-negara besar di benua Eropa, terutama di Austria dan Jerman yang ada dibarisan terdepan negara-negara yang giat mempromosikan kehidupannya kembali dengan bahan herbal sebagai pengobatan alternatif. Dengan demikian, habbatussauda hadir dalam berbagai kemasan obat: dimulai dari yang curah, berbentuk kapsul, tablet, sirup ataupun minyak di sejumlah negara Eropa dan Amerika, di samping itu juga ada di negara-negara Arab dan Islam.

Cara Kerja Habbatussauda

Sejak dari zaman dahulu, para ilmuwan yang mencoba mengungkapkan cara kerja habbatussauda, terutama peranan habbatussauda dalam proses pemulihan luka. Oleh sebab itu, mereka meneliti kandungan biji jintan hitam habbatussauda yang diantaranya berupa vitamin, mineral, protein nabati dan juga asam lemak tak jenuh.

Penting Anda ketahui bahwa banyak nabati-diantaranya minyak jintan hitam ekstrak habbatussauda-yang mengandung sejumlah asam lemak esensial yang sangat penting bagi kesehatan kulit, rambut dan selaput lendir, serta dalam pengendalian tekanan darah, produksi hormon dalam tubuh dan berbagai fungsi kehidupan yang penting lainnya.

Tidak hanya kandungan bahan-bahan alami tersebut, habbatussauda juga memiliki kandungan nigellone, yaitu zat kristal yang telah berhasil diekstraksi pertama kalinya di tahun 1929 M, dan sejak saat itulah digunakan sebagai salah satu zat aktif pada tumbuhan. Nigellone termasuk ke dalam kategori zat anti-oksidan yang alami, seperti vitamin C dan A. Begitu juga dengan glutathion yang mempunyai sifat fundamental dalam melindungi tubuh dari suatu ancaman yang biasa disebut dengan ‘radikal bebas’. Dari sejumlah hasil penelitian yang telah dipublikasikan saat ini menyatakan bahwa fungsi protektif nigellone dapat melindungi tubuh dari berbagai zat-zat asing yang berbahaya (xenobiotics).

Multi-Manfaat-HabbaSyifa-Ekstrak-Habbatussauda

Penggunaan Habbatussauda

1. Sebagai Sumber Energi Tubuh

Habbatussauda diyakini dapat membantu memelihara temperatur alamiah dalam tubuh manusia. Satu hal yang penting, terutama pada pola makan ala Barat sekarang menjadi tradisi yang dominan di berbagai negara di dunia, seperti mengonsumsi ice cream, lemak, pizza, keju, hamburger dan sejenisnya, dimana semua itu menghabiskan sebagian besar energi utama kita, sehingga menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit kronis.

2. Sebagai Pelancar ASI

Bagi setiap ibu hamil yang sudah memikirkan agar kelak setelah melahirkan sang buah hati berharap agar pada saat menyusui ASI yang dikeluarkan lancar, melimpah dan tidak terhambat. Namun, ada beberapa ibu menyusui yang ASInya susah keluar atau bahkan tidak keluar sama sekali. Habbatussauda memiliki kandungan aktif zat thymoquinone yang bersifat hangat dan melegakan saluran ASI sehingga akan melancarkan jalan keluar ASI, ia juga termasuk sumber gizi yang penting bagi ibu menyusui serta anak yang menyusu dari ibu yang mengonsumi habbatussauda akan lebih cepat kenyang.

3. Menjaga Kekebalan (Imunitas) Tubuh

Ada beberapa penelitian yang baru-baru ini telah membuktikan reaksi dari efek habbatussauda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu hal yang dapat memperjelas dari makna sabda Nabi, “Menyembuhkan setiap penyakit, kecuali As-Saam”.

4. Kegunaan Habbatussauda untuk Anak

Kandungan arginin yang terkandung dalam habbatussauda adalah salah satu zat asam yang penting dan sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

5. Kegunaan Habbatussauda untuk Orang Dewasa dan Lansia

Habbatussauda merupakan sumber zat gizi dan makanan kesehatan yang penting serta bermanfaat banyak bagi orang-orang dewasa dan lanjut usia, sebab mengandung berbagai macam zat gizi tersebut.

Sudah ada berbagai penelitian mengenai habbatussauda yang membuktikan bahwa habbatussauda berperan penting dalam menguatkan dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan dalam tubuh manusia. Sebab kemampuan tubuh manusia dalam melawan suatu threat atau serangan dari berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan kekuatan sistem imunitas tubuh, maka dengan menguatkan sistem kekebalan tubuh ini, habbatussauda sudah menjadi obat herbal yang dapat menyembuhkan setiap penyakit, termasuk dalam memusnahkan semua jenis kanker dan penyakit sistem pernafasan.