Manfaat Jintan Hitam Untuk Obati Rematik

Manfaat Jintan Hitam Untuk Obati Rematik

Manfaat Jintan Hitam Untuk Obati Rematik

Syifa Herbal Alami – Jintan hitam atau habbatussauda (Nigella Sativa Linn) adalah rempah rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan dan Timur Tengah untuk mengobat berbagai macam penyakit. Seperti menurunkan dan mengobati tekanan darah tinggi serta reumatik.

Peran Habbatussauda Obati Penyakit Rematik

Rematik atau dalam bahasa medis disebut dengan Rhematoid Arthritis (atau biasa disingkat RA) adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, akku dan bengkak pada sendi. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh gangguan autoimun.
Rematik atau RA dapat mempengaruhi kemampuan penderitanya dalam melakukan aktivitas harian, seperti menulis, memakai baju dan membawa barang. Peradangan sendi yang mengenai pinggul, lutut atau kaki juga dapat membuat sulin berjalan, membungkuk atau berdiri.

Penyebab Reumatik atau Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang arinya penyakit ini disebabkan oleh sistem imun yang menyerang tubuh.Sistem imun yang keliru menyerang jaringan sehat di sekitar sendi menyebabkan lapisan tipis sel alias synovium, menutupi persendian menyebabkan sendi meradang dan bengkak. Synovium juga melepaskan bahan kimia yang akan merusak tulang rawan dan tulang dalam sendi.
Jika kondisi ini terus dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, synovium dapat menyebabkan sendi kehilangan bentuk dan pada akhirnya menghancurkan sendi sepenuhna.
Meski gangguan autoimun dipercaya penyebab utama reumatik, namun sampai saat ini para ahli belum mengetahui faktor apa saja yang dapat memicu gangguan tersebut.

Gejala Reumatik atau Rhematoid Arthritis

1. Sendi Kaku Pada Pagi Hari

Kekakuan ini biasanya berlangsung setidaknya selama 1 jam pada pagi hari.

2. Pembengkakan dan Nyeri Sendi

Sendi yang mengalami pembengkakan dan nyeri biasanya terasa hangat dan lembek bila disentuh, rasa sakit biasanya terjadi pada kedua sendi di sisi kanan dan kiri tetapi mungkin tingkat keparahannya berbeda tergantung sisi mana yang lebih sering digunakan.

3. Penumpukan Cairan

Cairan dapat terakumulasi terutama di pergelangan kaki, dalam beberapa kasus, kantung sendi belakang lutut mengakumulasi cairan dan membentuk apa yang dikenal sebagai kista Baker. Kista ini terasa seperti tumor dan terkadang memanjang ke bawah ke bagian belakang betis dan menyebabkan rasa sakit.

4. Benjolan

Pada 20% pasien reumatik, peradangan pembuluh darah kecil dapat menyebabkan benjolan di bawah kulit berukuran sebesar kacang hijau atau sedikit lebih besar dan seringkali terletak di dekat persendian.

5. Gejala Seperti Flu

Kelelahan, penurunan berat badan dan demam dapat menjadi awal penyakit reumatik. Beberapa orang merasakannya seperi gejala flu atau pilek. Bedanya gejala reumatik dapat berlangsung hingga bertahun-tahun.

Manfaat Jintan Hitam Untuk Obati Rematik

Jintan hitam atau habbatussauda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya yaitu untuk mengobati penyakit reumatik.
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Immunological Invesigations, minyak jintan hitam dapat membantu dalam mengobati reumatik. Penelitian ini dilakuakn kepada 43 wanita dengan reumatik ringan sampai sedang yang mengonsumsi kapsul minyak jintan hitam setiap hari selama 1 bulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengobatan dengan minyak jintan hitam menyebabkan pengurangan gejala arthritis (yang dinilai oleh skala rating DAS-28), pengurnagn tingkat penanda peradangan darah dan penguranganjumlah sendi yang bengkak.
Beberapa cara untuk mencegah penyakit reumatik diantaranya:
  • Hindari makanan daging, telur, kaldu, kacang-kacagan, tauge, jeroan hewan, cumi, kepiting, udang dan kerang.
  • Kurangi konsumsi sayur berwarna hijau
  • Kurangi konsumsi buah buahan seperti durian, alpukat dan nanas.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol
  • Konsumsi makanan yang rendah kalori
  • Rutin olahraga secara teratur
Memang mengobati penyakit reumatik tidak cukup dengan mengonsumsi jintan hitam saja tetapi juga harus melakukan hal hal lain seperti istirahat yang cukup, berolahraga ringan (seperti berjalan kaki), menjaga pola makan dan menjaga berat badan.