Manfaat Habbatussauda Untuk Turunkan Gula Darah

Manfaat Habbatussauda Untuk Turunkan Gula Darah

Habbatussauda Turunkan Gula Darah Tinggi

Habbatussauda merupakan ramuan herbal sejak zaman dahulu yang terbuat dari biji jintan hitam alami dari tanaman Nigella sativa. Pada habbatussauda ini mengandung minyak, alkaloid, dan juga minyak atsiri seperti thymoquinone dan thymohydroquinone, yang dimana pada minyak atsiri ini sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes atau tingginya kadar gula darah dalam tubuh.
Menurut salah satu penelitian menyatakan bahwa ekstrak habbatussauda dapat dipercaya bisa menghambat penyerapan glukosa didalam usus. Menuruk pendapat lain, kandungan minyak mentah dari ekstrak habbatussauda dapat mengurangi kerusakan sel beta dipankreas yang dimana sel beta ini dapat berperan dalam produksi insulin. Hal ini dapat menurunkan resiko seseorang terkena diabetes tipe 1.

Penelitian Terkait Habbatussauda

Menurut sebuah artikel dalam Journal of Endocrinology dan Metabolism menyatakan bahwa kandungan thymoquinone dari habbatussauda dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 1 dan meningkatkan sensitivitas insulin dari sel-sel hati. Hal ini pun dapat bermanfaat sekali untuk membantu mencegah diabetes tipe 2.
Salah satu kandungan dari ekstrak habbatussauda yaitu thymoquinone, dinyatakan mampu menekan stress oksidatif dan proferasi ginjal yang disebabkan oleh minyak terhidrogenasi yang teroksidasi dari makanan yang sering kita makan. Makanan yang mengandung minyak tersebut dapat menjadi sebab stress oksidatif dihati.
Kandungan thymoquinone pada ekstrak biji habbatussauda dinyatakan mampu menekan stres oksidatif dan proliferasi ginjal yang disebabkan oleh minyak terhidrogenasi yang teroksidasi dari makanan yang kita makan. Makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi juga bisa menjadi sebab stres oksidatif di hati. Stress oksidatif ini dapat berperan penting dalam hal pengembangan komplikasi diabetes tipe 2, baik mikrovaskuler maupun kardiovaskular. Stress ini dapat memperburuk penyakit ginjal, salah satunya komplikasi utama dari penyakit diabetes melitus.
Menurut salah satu penelitian, menggunakan habbatussauda dengan dosis 2 gram/hari dapat membuat penurunan yang signitifikan pada glukosa darah puasa, 2 jam pada postprandially, dan juga glikosilasi heboglobin tanpa perubahan signitifikan dalam berat badan. Dan menurut penelitian lainnya menjelaskan bahwa dosis 2 gram/hari pada habbatussauda dapat bermanfaat untuk menurunkan gula darah yang tinggi pada seseorang yang menderita penyakit diabetes tipe 2.
Oleh karena itu ramuan habbatussauda sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi hingga kekadar gula darah yang normal. Untuk menggunakan ramuan habbatussauda Anda dapat menggunakan resep tradisional yang sudah teruji khasiatnya, yaitu:
  • Gunakan 250 gr serbuk habbatussauda
  • Lalu tambahkan 50 gr myrrh, 150 gr biji tanaman rasyad, 150 gr kulit jeruk, dan 150 gr akar kubis
  • Selanjutnya tumbuk semua ramuan tersebut sampai halus lalu dikeringankan terlebih dahulu
  • Terakhir tambahkan 50 gr asafetida
Untuk cara menggunakan ramuan tersebut sebaiknya diminum dengan campuran madu sebelum makan dengan takaran 1 sendok makan setiap harinya agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Selain itu untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal, Anda harus tetap menjaga jenis makanan yang sehat dan tidak membuat kadar gula darah dalam tubuh Anda tinggi lagi.
Semoga bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terima kasih.