Manfaat Habbatussauda untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Manfaat Habbatussauda untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Kesehatan Tubuh Terjaga dengan Manfaat Habbatussauda

Syifa Herbal Alami – Habbatussauda atau jintan hitam ini merupakan salah satu obat herbal alami yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang memiliki nama lain Nigella Sativa ini memiliki rasa dan aroma yang khas, yaitu seperti perpaduan antara bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Menurut Ibnu Sina, Ilmuwan pertama yang meneliti manfaat yang tekandung didalam habbatussauda. Didalam jurnal medinya Canon of Medicine, Ibnu Sina mengatakan bahwa Habbatussauda ini mampu mengobati sesak napas dan gejala pernapasan lainnya.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda untuk Lancarkan Aliran Darah

Habbatussauda biasa digunakan untuk pelemas diuretik dan pelemas otot (kedutan dan kejang), Serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit menular pada orang yang memiliki sistem imun yang lemah.

Dan herbal yang satu ini memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Apa Saja kandungan senyawa tersebut ?

Kandungan Senyawa Pada Habbatussauda

Habbatussauda memiliki beberapa kandungan senyawa, yaitu :

  • Thymoquinone
  • Minyak lemak
  • Minyak padat
  • Minyak Astiri
  • Saponin
  • Alkaloid
  • Negellone

Apa Saja Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan Tubuh?

1. Habbatussauda mampu melawan sel kanker yang ada di dalam tubuh kita

Kandungan senyawa antioksidan jenis etanol yang ada pada Habbatussauda terbukti dapat menghambat bahkan menghancurkan sel kanker ganas yang ada pada tubuh.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda untuk Atas Mabuk Kendaraan

Habbatussauda terbukti dapat melawan sel kanker setelah dilakukan penelitian terhadap tikus percobaan yang telah terserang kanker. Dan Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kandungan tersebut mampu menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh tikus tersebut.

2. Mengobati Asma dan Masalah Pernapasan Lainnya

Seperti yang telah dikatakan Ibnu Sina didalam jurnal medisnya yang berjudul Canon of Medicine. Bahwa Habbatussauda ini mampu mengobati penyakit Asma dan masalah pernapasan lainnya.

Mengobati asma dengan Habbatussauda cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak Habbatussauda pada bagian dada.

3. Menetralkan Racun di Dalam Tubuh

Habbatussauda berperan sebagai detoks bagi tubuh. Makanan cepat saji atau makanan instant yang memiliki rasa yang cukup enak biasanya merupakan salah satu sumber dari berbagai penyakit.

Karena makanan cepat saji tersebut mengandung pewarna, perasa, pengawet dan zat kimia yang lainnya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berkala.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda untuk Cegah Tukak Lambung

Menurut penelitian, Ekstrak Habbatussauda yang diberikan pada tikus dapat menjaga organ hati si tikus dari masalah keracunan yang ditimbulkan oleh enzim D-Glukosa Amyn (El Dakhakhny and Madi, 1995).

4. Menurunkan Berat Badan

Habbatussauda dapat membantu menekan nafsu makan yang berlebihan. Dengan mengonsumsi 3 gram Habbatussauda yang dicampurkan dengan yogurt dapat membantu membakar lemak lebih efektif.

Efek nya yaitu dapat menurunkan Indeks Massa Tubuh (BMI), Menurunkan ukuran linkar pinggang, dan penurunan massa lemak tubuh. Sehingga bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

5. Untuk Kesehatan Rambut

Habbatussauda juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, Habbatussauda dapat mengatasi rambut yang kurang nutrisi serta gangguan hormon tubuh.

Dengan mengonsumsi Habbatussauda, Kebutuhan zinc pada rambut dapat terpenuhi. Karena zinc ini dapat mencegah munculnya ketombe, mencegah kerontokan pada rambut, dan dapat memperkuat akar rambut.

Untuk mengatasi masalah kerontokan rambut, anda hanya perlu mengoleskan minyak Habbatussauda pada kulit kepala. Lalu diamkan selama sejam, Setelah itu bersihkan rambut lalu keramas.