Manfaat Habbatussauda untuk Cegah Tukak Lambung

Ini Dia Manfaat Habbatussauda Mampu Mencegah Tukak Lambung

Apa itu tukak lambung ?

Tukak lambung merupakan luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil serta kerongkongan. Tukak lambung bisa menyebabkan rasa nyeri pada lambung atau bahkan perdarahan dalam kasus yang parah.
Penyakit ini dapat menyerang semua orang pada segala umur. Meski begitu, pria usia di atas 60 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalaminya. Tukak lambung sendiri dapat diobati hingga tuntas jika penyebab utama dapat diketahui.

Tanda-Tanda dan Gejala Tukak Lambung

Gejala yang sangat umum dari tukak lambung adalah terasa sakit atau seperti terasa terbakar. Nyeri sering terjadi pada daerah pusar dan tulang dada. Gejala lainnya:
Rasa sakit akan berhenti jika Anda makan atau mengonsumsi antibiotik
Berlangsung selama beberapa menit bahkan sampai beberapa jam
Terasa sakit ketika perut Anda kosong
Sakit datang dan pergi dalam beberapa hari, beberapa minggu dan beberapa bulan
Gejala lainnya yang jarang terjadi seperti :
  • Napsu makan turun
  • Mual
  • Berat badan turun
  • Perut kembung
  • Bersendawa
  • Tidak nyaman di perut

Penyebab Tukak Lambung

Pada Dinding lambung biasanya dilapisi selaput yang melindunginya dari asam lambung. Peningkatan kadar asam lambung atau penipisan selaput pelindung lambung berpotensi memicu munculnya tukak lambung.
Penyebab umum yang dapat menurunkan perlindungan dinding lambung terhadap asam lambung meliputi infeksi bakteri Helicobacter pylori dan penggunaan obat anti inflamasi non-steroid. Ibuprofen, aspirin, atau diclofenac adalah beberapa contoh obat anti inflamasi non-steroid yang sering digunakan. Selain itu, penyakit tumor pankreas (gastrinoma) dan pengobatan radiasi pada area lambung juga dapat menyebabkan timbulnya tukak lambung.
faktor gaya hidup juga meningkatkan risiko menderita tukak lambung, seperti :
  • Merokok yang dapat meningkatkan risiko mengalami tukak lambung bagi orang yang terinfeksi bakteri pylori.
  • Mengalami stres yang tidak segera diatasi.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol yang dapat menipiskan selaput pelindung dinding lambung.
Banyak orang yang menganggap bahwa makanan pedas atau kondisi stres sebagai penyebab tukak lambung. Anggapan ini sangat tidak benar. Makanan dan stres tidak menyebabkan tukak lambung, tapi dapat memperparah gejalanya.

Habbatussauda untuk Tukak Lambung

Ternyata habbatussauda memang bagus untuk lambung mengingat banyak sekali kandungan yang dimilikinya terdiri atas: omega-3, anti-bakteri, esensial, enzim, potassium, plus protein berfungsi ekstra menutup luka bagian mukosa dan menetralkan kadar asam di lambung yang tidak terkendali, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menetralkan radikal bebas maupun racun, antiinflamasi.
Secara umum habbatussauda merupakan obat herbal yang memiliki banyak sekali khasiat, sebagai mana hadist Nabi SAW : “ Sesungguhnya habbah sauda` ini merupakan obat dari semua penyakit, kecuali dari penyakit as-samu”. Aku (yakni`Aisyah radhiallahu ‘anha) bertanya:
“Apakah as-samu itu?” Beliau menjawab: “Kematian.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Jika mengkonsumsi habbatussauda, sebaiknya penderita sakit pada lambung disarankan meminumnya setelah makan. Untuk mengatasi gangguan sakit pada lambung.