Manfaat Habbatussauda Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Manfaat Habbatussauda Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Seberapa Bahaya Kolestrol Tinggi?

Syifa Herbal Alami – Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Fungsi kolesterol adalah turut memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, atau vitamin D.
Walaupun dibutuhkan, kolesterol yang berlebih akan tertimbun di sepanjang dinding pembuluh darah arteri sebagai plak, sehingga mempersempit dan menghambat aliran darah. Akibatnya, banyak bagian tubuh yang kekurangan pasokan darah sehingga berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung atau stroke. Selain faktor genetik, kolesterol tinggi juga bisa terjadi karena mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol atau kurang berolahraga.
Manfaat Habbatussauda Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Penyebab Kadar Kolestrol Naik

  • Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Contohnya kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan.
  • Kurang berolahraga atau beraktivitas.
  • Kebiasaan meroko
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Obesitas
  • Memiliki penyakit tertentu, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), penyakit liver, dan penyakit ginjal.
  • Pertambahan usia. Saat usia tua, risiko kolesterol tinggi yang memicu arterosklerosis juga semakin besar.
  • Faktor genetik

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

  • Sering kesemutan
  • Sering sakit kepala bagian belakang
  • Dada terasa nyeri
  • Nyeri dan pegal dibagian tenguk
  • Cepat merasa lelah
Salah satu cara untuk mengatasi kolesterol ialah dengan obat alami seperti Habbatussauda.
Secara umum, Habbatussauda berkhasiat untuk mengobati segala jenis penyakit.
Habbatussauda juga efektif untuk pencegahan, karena dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh.
Habbatussauda memiliki aktivitas hypocholesterolemic dan menaikkan kadar HDL kolesterol di dalam darah. Dilanjutkan kemudian dilakukan penelitian pada manusia, diantaranya: Menurut hasil riset Abdullah OB, pemberian biji Habbatussauda dengan dosis 2 x 1 gram perhari (pagi dan sore hari) selama 2 minggu, memberikan efek penurunan kadar kolesterol darah yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberi gula merah.
Habbatussauda efektif untuk menurunkan kadar gula darah tinggi hingga ke kadar normal dengan resep tradisional yang sudah teruji.
Resepnya yaitu gunakan 250 gr serbuk Habbatussauda kemudian tambahkan 50 gr myrrh, 150 gr biji tanaman rasyad (jenis tanaman berdaun pedas yang biasa digunakan sebagai lalap), 150 gr kulit jeruk, 150 gr akar kubis semua ditumbuk halus setelah dikeringkan terlebih dahulu, tambahkan 50 gr asafetida.
Cara pakai semua bahan dicampur dan baiknya diminum dengan dicampur madu sebelum makan. Dengan takaran 1 sendok makan setiap harinya.
resep ini terbukti menurunkan kadar gula darah, disamping harus tetap menjaga makanan cobalah untuk terus bergerak atau beraktivitas.