Manfaat Habbatussauda Lancarkan Aliran Darah

Manfaat Habbatussauda Lancarkan Aliran Darah

Manfaat Habbatussauda untuk Melancarkan Aliran Peredaran Darah

Syifa Herbal Alami – Habbatussauda atau jintan hitam (Nigella Sativa) merupakan salah satu dari sekian banyak rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, di dalam hadits shohih yang diriwatkan oleh Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah SAW bersabda:

”Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatussauda,karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit,kecuali saam.Sedangkan saam artinya kematian.”

Baca juga; Manfaat Daun Bidara & Habbatussauda

Manfaat Habbatussauda Untuk Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Manfaat habbatussauda untuk melancarkan sistem peredaran darah ini sudah banyak yang membuktikan akan khasiat dan manfaat untuk kesehatan manusia. Pada umumnya, habbatussauda berkhasiat untuk mengobati segala jenis penyakit.
Habbatussauda juga bermanfaat untuk pencegahan, karena dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh. Selain itu manfaat habbatussauda dalam melancarkan aliran darah ini juga dibuktikan dengan beberapa penelitian ilmiah.
Para peneliti dari Universitas King Saud Arab Saudi, melakukan penelitian guna mengetahui pengaruh habbatussauda terhadap kadar homosisitin darah. Hasil penelitian ini dipublikasikan Jurnal Int J Cardiol, Januari 2014.
Peneliti memberikan zat thymohydroquinone kepada sekolompok tikus percobaan. Para peneliti menemukan bahwa pemberian zat thymohydroquinone bisa menjadi pencegah yang efektif terhadap kenaikan homosisitin.
Hal ini mengindikasikan bahwa habbatussauda bisa melindungi jantung dan pembuluh darah. Dan tidak hanya itu saja tapi habbatussauda juga memiliki fungsi yang bisa melancarkan aliran darah yang terhambat dalam tubuh.
Selain itu, penelitian tahun 1962 menggunakan minyak haabbatussauda (volatile oil) dosis 200 mikro liter/kg intra muscular pada hewan diuji, dimana didapatkan hasil bahwa habbatussauda terbukti dapat menurunkan tekanan darah arterial. Dalam penelitian yang dilakukan oleh DR.M.El-Dakhakhny yang diterbitkan oleh majalah Therapy,tahun 2000. Dilakukan penelitian tentang pengaruh ekstrak habbatussauda (0,6 ml/kg sehari) dalam meluruhkan pembuangan urin dan menurunkan tekanan darah.
Tekanan darah urun 22% pada tikus-tikus yang diobati dengan ekstrak habbatussauda, sedangkantikus-tikus yang diobati dengan obat penurun tekanan darah yang terkenal hanya mengalami penurunan 18%.Penggunaan pada manusia juga pernah diteliti di University of Colombo, yakni untuk hipertensi menggunakan minyak habbatussauda dengan dosis 2,5 ml perhari, terbukti efektif menurunkan tekanan darah tinggi ringan.