Manfaat Habbatussauda – Atasi Menstruasi Tidak Teratur

Manfaat Habbatussauda – Atasi Menstruasi Tidak Teratur

Pengertian Menstruasi

Syifa Herbal Alami – Menstruasi, haid, atau datang bulan merupakan suatu kondisi pada tubuh wanita, dimana terjadi suatu proses luruhnya dinding rahim disertai dengan pendarahan. Berlangsungnya menstruarsi yang normal pada wanita itu sendiri, biasanya terjadi sekitar 3-7 hari. Dan biasanya siklus menstruasi akan datang pada setiap 28 hingga 36 hari dan terjadi sebanyak 11 sampai 13 kali dalam satu tahun. Setiap wanita akan mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda. Lalu, menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur itu merupakan kondisi siklus haid yang terjadi lebih lambat atau lebih cepat, bisa juga terlewat beberapa bulan dan bahkan tidak terjadi sama sekali.

Menstruasi Yang Tidak Lancar

Indikator menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur dapat dilihat apabila siklusnya terjadi kurang dari 21 hari atau melebihi 35 hari. Tak hanya itu, menstruasi juga dikelompokkan ketidaklancarannya bila lama menstruasi berubah-ubah pada setiap bulan. Banyaknya darah yang tidak sama, kadang banyak bisa juga sedikit juga merupakan salah satu bentuk menstruasi yang tidak lancar.

Baca Juga : Tanda-Tanda Tubuh Yang Sangat Sehat

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab menstruasi Anda tidak lancar atau tidak teratur sebagai berikut:

1. Menopause

Jika Anda sudah memasuki masa menopause, menstruasi dapat terjadi dengan tidak lancar. Sebab hormon estrogen serta progesteron dalam tubuh Anda juga ikut tidak teratur.

2. Kehamilan

Apabila menstruasi Anda melambat dan terhenti, cobalah untuk melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah Anda hamil. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan atau USG.

3. Alat Kontrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi, seperti spiral atau pil KB, dapat menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi. Spiral bisa mengakibatkan darah yang keluar menjadi lebih banyak dan biasanya disertai nyeri perut disaat menstruasi. Adapun darah yang keluar sedikit pada awal penggunaan pil KB, tetapi ini akan berhenti setelah beberapa bulan penggunaan.

4. Pola Hidup

Jika Anda sering melakukan olahraga yang berlebihan atau berat badan Anda yang berubah atau turun drastis, hal tersebut dapat mengakibatkan menstruasi Anda menjadi tidak teratur. Begitu juga dengan berat badan yang berlebihan atau obesitas. Tak hanya perubahan berat badan, stres juga nyatanya dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda.

Baca Juga : Pantangan & Anjuran Penyakit Maag

5. Terjadi Masalah Pada Tiroid

Ada kelenjar yang ada pada leher Anda, yaitu kelenjar tiroid yang berfungsi memproduksi hormon yang berguna untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid tersebut bermasalah, maka akan berpengaruhi menstruasi Anda juga. Anda dapt berkonsultasi pada dokter spesialis endokrin mengenai hal tersebut.

Cara Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Teratur

Upaya pengobatan untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menangani menstruasi yang tidak lancar tersebut.

  • Merubah gaya hidup
  • Mengganti alat kontrasepsi
  • Mengobati masalah tiroid
  • Konseling jika Anda mengalami stres yang mengakibatkan berat badan turun drastis
  • Konsumsi ekstrak jintan hitam habbatussauda

Peran Habbatussauda Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Teratur

Bagi Anda para wanita yang sering mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan tidak lancar, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan ekstrak jintan hitam habbatussauda. Menurut beberapa penelitian, minyak hasil ekstrak habbatussauda dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai gangguan ginekologi lainnya pada wanita seperti keputihan, masalah pada rahim, hingga nyeri perut akibat menstruasi akan dapat diatasi dengan obat herbal alami ini. Tetapi manfaat utamanya tetap akan mengatur siklus menstruasi agar dapat menjadi lebih teratur kembali.