Madu Atasi Gangguan Pencernaan

Madu Atasi Gangguan Pencernaan

Manfaat Madu Atasi Gangguan Pencernaan

Syifa Herbal Alami – Madu murni memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya manfaat dari madu itu sendiri yaitu dapat menyehatkan sistem pencernaan kita.
Gangguan penernaan bukanlah salah satu penyakit, tapi gejala yang dialami dari suatu penyakit tertentu seperti penyakit asam lambung, kandung empedu, infeksi lambung, pankreatitis kronis, tiroid dan gangguan pencernaan lainnya.
Menurut salah satu teori mengatakan bahwa viskositas pada madu dapat membantu dalam lapisan easophagus dan membantu dalam mengurangi efek pembakaran dari asam lambung, serta dapat membantu mengatur pH tubuh dan menetralkan asam lambung.
Madu sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk melakukan ritual pengobatan. Madu dihasilkan dari nectar tanaman dan air liur lebah, nectar itu sendiri mengandung mineral, vitamin dan asam amino. Dan kandungan fruktosa yang tinggi pada nectar bisa digunakan sebagai bahan pengobatan.
Madu juga bermanfaat untuk melapisi esofagus dan lambung, mencegah iritasi dari asam lambung serta membantu pertumbuhan bakteri usus (bakteri baik) yang dapat membantu dalam pencernaan menjadi lebih baik.

Peran Madu Bagi Kesehatan Pencernaan

Madu berperan menjadi :

1. Anti Bakteri

Madu murni memiliki sifat Antibakteri alami terhadap beberapa kuman yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan. Kuman tersebut dapat menyebabkan penyakit maag, ulkus lambung, diare, disentri (diare berdarah), tifoid, radang usus, dan kolera.

2. Makanan Bakteri Baik

Kandungan Prebiotik pada madu dapat menjadi makanan untuk Priobiotik. Probiotik itu sendiri adalah bakteri baik pada usus besar dan bermanfaat untuk menyehatkan tubuh.
Menurut beberapa penelitian, Madu diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas dari Bifdobacteria atau salah satu probiotik yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

3. Pencahar Ringan

Bagi anda yang memiliki masalah gangguan pencernaan seperti sembelit. Anda dapat mengonsumsi madu secara rutin dan dapat menghasilkan efek pencahar yang ringan.

4. Kaya Nutrisi

Madu mengandung kurang lebih 200 zat gizi yang dapat menjaga kesehatan tubuh seperti, asam amino, mineral, vitamin, enzim, asam amino, dan antioksidan .

5. Membantu Mengatasi Diare

Jika anda mengonsumsi madu dengan campuran air, maka anda dapat mengatasi dehidrasi dan memulihkan kembali kalium yang hilang karena dehidrasi. Dan anda juga dapat mempercepat penyembuhan mukosa usus yang rusak yang di akibatkan oleh bakteri dan virus penyebab diare.