Maag Hilang Puasa Lancar

Maag Hilang Puasa Lancar

Tips Sehat Untuk Penderita Maag Yang Ingin Menjalani Ibadah Puasa

Syifa Herbal Alami – Ketika berpuasa, umat muslim diwajibkan untuk tidak makan dan minum selama 14 jam. Dan pola makan kita akan berubah, seseorang yang biasa makan 3 kali dalam sehari atau lebih akan berubah menjadi 2 kali sehari.
Perubahan pola makan ini sangat berpengaruh pada fisiologis tubuh, misalnya berat badan berkurang, serta peningkatan asam lambung sepanjang hari setelah sahur.
Asam lambung yang berlebih dapat menyebabkan peradangan atau yang sering kita sebut dengan maag atau dispepsia.

Lalu bagaimana bagi penderita maag yang ingin berpuasa?

Menurut Dr Ari Fahrial Syam, penderita maag tentu saja boleh berpuasa, justru lebih baik. Namun tidak semua penderita maag dianjurkan untuk berpuasa. Penderita sakit maag boleh berpuasa, kecuali yang sedang mengalami dispepsia (sakit maag) organik yang belum diobati.
Maag bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu fungsional dan organik. Pada penderita maag organik ditemukan beberapa gangguan pada organ pencernaan nya seperti ada luka pada lambung, usus halus, atau organ lain. Sedangkan penderita maag fungsional tidak ditemukan kelainan atau gangguan apapun.
Penderita maag fungsional dianjurkan untuk berpuasa, sedangkan penderita maag organik jika berpuasa dapat memperburuk kondisinya jika tidak segera dilakukan penanganan yang baik.

Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Maag

Ada beberapa panduan berpuasa untuk penderita maag,

Panduan Makanan saat Berpuasa Bagi Penderita Maag

1. Pilih Makanan yang Lambat Dicerna saat Sahur, Agar Tubuh Anda tidak Mudah Lapar dan Lemas pada Saat Siang Hari.

Anda dapat menambah asupan makanan yang mengandung karbohidrat atau beberapa makanan yang lambat dicerna oleh tubuh kita. Makanan tersebut bisa berupa kurma, almond, dan pisang.
Saat berpuasa usahakan mengonsumsi makanan yang dipanggan daripada yang digoreng. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung gas seperti nangka dan durian, serta hindari makanan yang asam dan pedas karena dapat memperburuk kondisi lambung yang kosong.

2. Makan Dalam Porsi Sedikit namun Sering

3. Makanlah ketika mendekati waktu imsak saat sahur, dan segera berbuka saat magrib

4. Jangan Lupa minum Obat yang dianjurkan oleh dokter saat sahur dan berbuka

Dan ada beberapa panduan minum untuk penderita maag

Panduan Minuman saat Berpuasa Bagi Penderita Maag

  • Minum Banyak Air Putih untuk Menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa, Minum air sekitar 8 gelas per harinya
  • Minum segelas susu saat sahur untuk mengurangi gejala maag dan ulkus peptik
  • Minum Air Putih, Jus Buah yang tidak Mengandung Asam, dan Minuman yang mengandung banyak kalium agar tubuh kita dapat menyesuaikan dengan kondisi saat puasa.
  • Beberapa Hal yang harus Dihindari ketika Puasa Jika Anda menderita Maag
  • Hindari mengonsumsi cokelat, makanan berlemak atau gorengan, dan buah-buahan yang mengandung asam. Karena beberapa makanan tersebut dapat meningkatkan asam lambung.
  • Hindari juga makanan yang dapat merusak dinding lambung seperti cuka, merica, makanan pedas, dan bumbu yang merangsang.
  • Merokok dapat meningkatkan risiko maag dan ulkus peptik
  • Hindari stress
  • Hindari obat-obatan yang dapat mengiritasi lambung.