Komposisi Habbatussauda Atau Jinten Hitam

Sebelum kita membahas komposisi Habbatussauda baiknya kita mengenal terlebih dahulu habbatussauda yang dikenal juga sebagai Black cumin,Kalonji, Jintan hitam, black seed, love in the mist, fitches,black caraway, black onion seed,charnushka.
Klasifikasi Habbatus Sauda (Jintan Hitam) sebagai berikut :
-Kingdom : Plantarum
-Divisio : Spermatophyta
-Sub Divisio : Angiospermae
-Klas : Dicotyledonae
-Sub Klas : Dialypetalae
-Ordo : Ranunculales
-Familia : Ranunculaceae
-Genus : Nigella
-Species : Nigella sativa

Pohon habbatus sauda mempunyai daun tunggal ada juga dijumpai berdaun majemuk dengan posisi tersebar atau berhadapan. Bentuk daunnya bulat telur berujung lancip pada permukaannya terdapat bulu halus dengan panjang 5 -10 cm. Jintan hitam dihasilkan dari bijinya. Pohonnya menghasilkan bunga berwarna ungu muda atau putih. Tumbuhan ini umumnya memiliki tinggi 50 centimeter berbatang tegak, kayunya berbentuk bulat menusuk. Buahnya berbentuk kapsul yang mengandung banyak biji-biji kecil berwarna putih dan berbentuk trigonal. Setelah matang kapsulnya terbuka dan biji-biji ini akan berubah menjadi hitam setelah terpapar di udara.
Tumbuhan ini mengandung glikosida saponin, minyak atsiri, zat pahit, minyak lemak,d-limonena, simena, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, dan timokonon. Berbagai kandungan ini didapat dari biji jintan hitam.

Komposisi Habbatussauda

Di dalam buku Ath-Thibbun Nabawy, Ibnul Qayyim menyebutkan banyak sekali nukilan tentang manfaat Habbatussauda dari para dokter dan orang bijak pada masa itu. Nukilan tersebut merupakan gambaran pengobatan pada masa lalu.

  • Jinten Hitam bersifat hangat dan kering sehingga bermanfaat untuk hilangkan kembung, kerontokan rambut, demam, kudis, dan mengeringkan lambung yang basah.
  • Jinten Hitam bubuk dicampur madu dan diminum dengan air hangat dapat mencairkan batu ginjal dan memperlancar air seni, haid serta air ASI.
  • Jinten Hitam bubuk dicampur cuka bisa menghilangkan bisul, kudis maupun pembengkakan akut pada lendir jika ditempelkan ke kulit yang sakit.
  • Jinten Hitam bubuk dicampur air labu efektif untuk mengeluarkan cacing berbahaya.
  • Jinten Hitam berfungsi mengobati penyakit yang ditimbulkan bakteri.

Masih banyak manfaat Habbatussauda Habbasyifa untuk pengobatan penyakit, karena habbatus sauda memiliki sejumlah komposisi yang bisa digunakan dalam riset-riset kedokteran. Dalam 100 Gram Habbatussauda Habbasyifa mengandung zat-zat sebagai berikut:

ZAT Kandungan dalam 100gr
Air 13,19 gr
Protein 9,17 gr
Lemak 9,12 gr
Kalsium 80,10 mg
Vitamin A 20 mg
Niasin 6,2 mg
Fiber 3,6 gr
Abu 8,7 gr
Kalori 463
Sumber: Sembuh dan Sehat Dengan Habbatus Sauda. Solo: AqwaMedika

Copyright © 2018 Syifa Herbal Alami