Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Daun Bidara

Syifa Herbal Alami – Bidara atau widara (Ziziphus Mauritiana) adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang biasa tumbuh di daerah kering. Pohon bidara dapat tumbuh hingga mencapai 15 meter dengan ranting dan cabang yang sangat banyak dan berduri.Daun bidara juga sudah beberapa kali disebutkan dalam Al-Quran da hadist hadist nabi Muhammad SAW.Hal tersebut menunjukan bahwa daun bidara memiliki manfaat khususnya bagi kaum muslim.Selain itu,daun bidara juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya:

1. Mencegah Diabetes

Diabetes terjadi karena tubuh tidak mampu mengontrol kadar gula dalam darah.Sbab lainnya karena kerusakan sistem insulin dalam tubuh.Daun bidara kering yang dikonsumsi dalam bentuk teh bermanfaat untuk menstabilkan kadra gula dalam darah dan membantu melindungi sistem pengaturan produksi insulin dalam tubuh.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun bidara dipercaya memiliki sifat anti inflamasi da antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka.Selain itu,manfaat daun bidara untuk mempercepat penyembuhan luka berasal dari kemampuan daun bidara untuk mempercepat regenerasi kulit.

3. Mencegah Kanker dan Tumor

Daun bidara mengandung zat resin,zat ini adalah salah satu zat yang mampu melawan kanker.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan senyawa yang terkandung didalam daun bidara dipercaya oleh para ahli mampu menurukan tekanan darah tinggi,sehingga dapat membuat darah menjadi normal kembali.

5.Mengatasi Demam

Dalam daun bidara terkandung antibiotik atau paracetamol yang dapat menurunkan hawa panas dalam tubuh.

6.Memelihara Sistem Pencernaan

Bidara dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaa.Serta mampu mengatasi risiko gangguan pencernaan.

7. Menghilangkan Depresi

Dalam daun bidara terkandung zat yang mampu membuat syaraf rileks dan juga melancarkan aliran darah.Sehingga tubuh dan pikiran akan tenang dan depresi akan berangsur angsur membaik

8.Mencegah Penyakit Jantung

Penyakut jantung dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.Oleh karena itu untuk mencegah penyakit jantung kita harus memiliki gaya hidup yang sehat.Selainitu,daun bidara dipercaya mampu mencegah dan mengatasi gangguan jantung.

Kandungan Zat Dalam Daun Bidara

Dan berikut adalah beberapa kandungan zat yang terdapat dalam daun bidara:
  • Daun bidara mengandung senyawa antibakterial,sehingga daun bidara sangat efektif untuk mengobati penyakit akibat virus atapun bakteri.
  • Daun bidara mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi,kandungan inilah yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit.
  • Daun bidara mengandung antiseptik.
  • Daun bidara mengandung mineral kalsium yang baik untuk menguatkan dan merawat tulang dan gigi.
  • Daun bidara mengandung glikemik.
  • Daun bidara mengandung zat resin yang mampu melawan sel kanker.