Habbatussauda Atau Jinten Hitam

Habbatussauda atau jinten hitam adalah salah satu jenis biji-bijian yang sering kita temukan di Indonesia, biasa digunakan masyarakat sebagai bumbu masakan. Sejak tahun 2000 sampai 3000 SM tanaman ini mulai dikembangkan untuk dijadikan sebagai obat herbal yang mujarab. Jinten Hitam tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi diberbagai negara pun tanaman ini sangat dipercaya dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Habbatussauda adalah biji dari tanaman berbunga dengan nama botani Nigella Sativa, yang dibudidayakan di India, Arab, dan Eropa serta telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional.

Jinten Hitam merupakan salah satu jenis tanaman yang hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat herbal yang sangat berkhasiat. Tanaman ini dapat diolah secara tunggal atau dikombinasikan dengan jenis obat herbal lainnya. Dalam Shahih Muslim disebutkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jagalah dirimu dengan Habbatussauda karena ia adalah obat untuk segala penyakit kecuali ‘as Sam’ (kematian).” Dalam kitab klasik “Kanun Pengobatan” yang ditulis oleh Ibnu Sina (980-1037), seorang dokter dan filsuf kenamaan dari Persia, habbat banyak disebut sebagai obat alami untuk berbagai penyakit.

Manfaat Habbatussauda

Habbatussauda di dalam buku Ath-Thibbun Nabawy, Ibnul Qayyim menyebutkan banyak sekali nukilan tentang manfaatnya dari para dokter dan orang bijak pada masa itu. Nukilan tersebut merupakan gambaran pengobatan pada masa lalu.

  • Habbatussauda bersifat hangat dan kering sehingga bermanfaat untuk hilangkan kembung, kerontokan rambut, demam, kudis, dan mengeringkan lambung yang basah.
  • Habbat bubuk dicampur madu dan diminum dengan air hangat dapat mencairkan batu ginjal dan memperlancar air seni, haid serta air ASI.
  • Habbat bubuk dicampur cuka bisa menghilangkan bisul, kudis maupun pembengkakan akut pada lendir jika ditempelkan ke kulit yang sakit.
  • Habbat bubuk dicampur air labu efektif untuk mengeluarkan cacing berbahaya.
  • Habbat berfungsi mengobati penyakit yang ditimbulkan bakteri.

Masih banyak manfaat Habbatussauda untuk pengobatan penyakit, karena tanaman ini memiliki sejumlah komposisi yang bisa digunakan dalam riset-riset kedokteran. Dalam 100 Gram Habbatussauda Habbasyifa mengandung zat-zat sebagai berikut:

ZAT Kandungan dalam 100gr
Air 13,19 gr
Protein 9,17 gr
Lemak 9,12 gr
Kalsium 80,10 mg
Vitamin A 20 mg
Niasin 6,2 mg
Fiber 3,6 gr
Abu 8,7 gr
Kalori 463
Sumber: Sembuh dan Sehat Dengan Habbatus Sauda. Solo: AqwaMedika

Habbatussauda