Asma dan AlergiHabbatussauda Untuk Asma dan Alergi

Ternyata habbatussauda sangat baik untuk menyembuhkan penyakit asma dan alergi. Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti asma bronkial. Kandungan minyak habbatussauda dapat mengisolasi dithimoquinone. Minyak yang sering disebut nigellone berdampak positif terhadap penderita asma bronkial.

Pada tahun 1960, ilmuwan Badr-El-Din dan Mahfouz menemukan bahwa dimmer dithymoquinone yang diisolasi dari minyak volatil habbatussauda dapat dipakai oleh pasien asma bronchitis. Dengan pemakaian melalu mulut ternyata dapat mengurangi gejala asma bronchitis pada sebagian besar pasien.

Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD pada tahun 1993 membuktikan kristal dari nigellone memberi efek supresif. Kristal-kristal ini dapat menghambat protein kinase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin. Kristal ini menurunkan pelepasan kalsium pada sel-sel penyanggah, yang juga melepas histamin. Dengan demikian bagi mereka yang menderita asma bronkial dan penyakit alergi lainnya dapat memanfaatkan kristal nigellone yang diperoleh dari habbatussauda.

Penelitian lain juga membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan oleh Dr.Med.Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich. Beliau melakukan pengujian terhadap 600 orang penderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi debu, serbuk, jerawat dan asma sembuh setelah diberi minyak habbtussauda. Dalam praktiknya Dr. Schleincher memberi resep habbatussauda ke pasiennya yang menderita influenza.

Masih banyak manfaat habbatussauda selain untuk asma dan alergi.