Habbatussauda Turunkan Risiko Diabetes Tipe 1

Habbatussauda Turunkan Risiko Diabetes Tipe 1

Cegah Diabetes Sejak Dini dengan Konsumsi Rutin Habbatussauda

Syifa Herbal Alami – Diabetes adalah tingginya kadar gula dalam tubuh yang melampui batas normalnya. Glukosa yang menumpuk dalam darah karena tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat mengakibatkan berbagai gangguan pada tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, maka dapat membahayakan nyawa seseorang yang menderita penyakit diabetes.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Diabetes tipe 1 merupakan kondisi kadar gula atau glukosa didalam darah menjadi tinggi. Penyakit diabetes terdiri dari 2 jenis, yaitu diabetes tipe satu dan diabetes tipe 2. Namun pada diabetes tipe 2 ini merupakan penyakit yang amat panjang atau bisa disebut kronis.

Pada seseorang yang menderita penyakit diabetes 1, karena tubuhnya tidak mampu memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni hormon yang diproduksi oleh sel beta didalam pankreas. Insulin tersebut sangatlah penting bagi tubuh dala mengontrol jumlah gula darah (glukosa) yang didapat sel tubuh dari darah. Diabetes tipe 1 sering terjadi dibandingkan dengan diabetes tipe 2. Dan biasanya terjadi pada laki-laki dianding perempuan, terutama terhadap seseorang dengan masalah pankreas atau riwayat keluarganya yang mempunyai penyakit diabetes tipe 1.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda Memelihara Kesehatan Tubuh

Tanda dan Gejala Diabetes Tipe 1

Berikut ini merupakan tanda-tanda dan gejala diabetes tipe 1, yaitu:

  • Pandangan kabur
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  • Lebih cepat haus dan lapar
  • Leih mudah terinfeksi
  • Kelelahan
  • Luka yang lama sembuh
  • Sering merasa kaku dan kesemutan pada kaki
  • Berat badan semakin menurun

Itulah tanda-tanda dan gejala penyakit diabetes tipe 1. Namun jika Anda mengalami gejala atau tanda-tanda lainya yang dapat mengakibatkan terjadinya diabetes tipe 1 segeralah cek ke dokter.

Habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat. Habbatussauda ini adalah ramuan herbal yang mempunyai khasiat yang sangat penting untuk kesehatan.

Baca juga; Manfaat Habbatussauda Lancarkan Aliran Darah

Menurut salah satu penelitian menyatakan bahwa manfaat habbatussauda dapat dipercaya bisa menghambat penyerapan glukosa didalam usus. Menuruk pendapat lain, kandungan minyak mentah dari ekstrak habbatussauda dapat mengurangi kerusakan sel beta dipankreas yang dimana sel beta ini dapat berperan dalam produksi insulin. Hal ini dapat menurunkan resiko seseorang terkena diabetes tipe 1.

Dibawah ini ada beberapa efek samping yang harus Anda ketahui jika mengonsumsi obat habbatussauda, yaitu:

  • Jangan menggunakan habbatussauda jika sedang hamil, karena dapat memperlambat atau menghentika kontraksi uterus
  • Jika memiliki tekanan darah rendah sebaiknya jangan mengonsumsinya karena habbatussauda dapat membuat tekanan darah pada tubuh Anda semakin menurun
  • Jangan mencampurkan habbatussauda dengan obat khusus gula darah lainnya, karena bisa saja menjadi lebih buruk nantinya
  • Jika Anda akan menjalani operasi bedah, hentikan mengkonsumsi habbatussauda setidaknya dua minggu sebelum operasi.