Habbatussauda Turunkan Kolesterol Tinggi

Habbatussauda Turunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat Habbatussauda untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Syifa Herbal Alami – Sudah ada banyak cara yang dianjurkan dokter untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Memiliki banyak lemak di perut tentu sangat mengganggu dan memalukan, hal tersebut terjadi karena pola makan yang kurang baik sehingga memicu penumpukan lemak jahat didalam tubuh.
Menurut penelitian, lingkar pinggang yang melebihi 89cm (laki-laki) dan 100cm (perempuan) diwaspadai sebagai ciri kenaikkan risiko penyakit jantung dan penyakit diabetes.
Tingginya kadar lemak di dalam tubuh terutama lemak di perut, dapat membuat kadar kolesterol jahat meningkat dan memicu penyakit kolesterol.
Di dalam tubuh kita terdapat berbagai macam kolesterol, yaitu :

1. LDL (LOW DENSITY LIPOPROTEIN)

LDL disebut sebagai kadar kolesterol jahat, Jika di tubuh kita terdapat banyak LDL dalam tubuh dapat memicu beragam jenis penyakit berdatangan.

2. HDL ( HIGH DENSITY LIPOPROTEIN)

HDL dikenal dengan Kolesterol Baik. Jika di tubuh kita memiliki HDL yang tinggi, Maka sifatnya Mencegah dari penyakit yang ditimbulkan oleh LDL.

3. TRIGLISERIDA

Trigliserida ini terbentuk dari kelebihan kalori, alkohol, maupun gula yang dikonsumsi, dan disimpan dalam sel lemak.
Dan ada ciri-ciri seseorang yang mengidap kolesterol tinggi, yaitu:
  • Merasakan sakit atau pegal pada bagian tengkuk kepala sisi belakang
  • Cepat merasa lelah
  • Menjadi Cepat mengantuk
  • Pegal-pegal
  • Kaki menjadi bengkak

Beberapa Hal yang Menyebabkan Terjadinya Penyakit Kolesterol Tinggi

Penyebab menaik nya kadar Kolesterol dalam darah beragam, yaitu bisa saja karena pola diet yang salah, faktor umut, gaya hidup bahkan faktor turunan.
  • Beberapa pola gaya hidup yang salah, yang dapat memicu kolesterol tinggi :
  • Pola Diet yang salah, misalnya seperti mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi.
  • Lemak jenuh dan kolesterol biasanya terkandung pada makanan hewan seperti susu, kuning telur, daging, mentega dan keju
  • Lemak trans biasanya ditemui pada makanan kemasan seperti keripik.
  • Kebanyakan Mengonsumsi alkohol, mengonsumsi terlalu banyak alkohol juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida.
Malas Olahraga, orang yang selalu malas untuk olahraga bisa memicu naik nya total LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan total HDL (kolesterol baik).

Apa Saja efek Habbatussauda terhadap Kolesterol ?

Menurut Riset “Effect of Oral Ingestion of Nigella sativa Seeds on Some Blood Parameters” yang dimuat di Saudi Pharmaceutical Journal Vol.5, No.2-3, April-July 1997. Menunjukkan bahwa mengonsumsi biji Habbatussauda dengan dosis 2 x 1 gram perhari (pagi dan sore hari) selama 2 minggu. dapat memberikan efek yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberi gula merah.
Dan menurut penelitian pada tahun 1988 pada hewan percobaan, menyimpulkan bahwa Habbatussauda ini memiliki aktifitas hypocholesterolemic serta meningkatkan kadar HDL kolesterol dalam darah.
Serta mengonsumsi Habbatussauda pada pagi hari sebelum sarapan, dapat menurunkan LDL kolesterol dalam darah secara signifikan dan meningkatkan HDL kolesterol secara signifikan. sifat HDL kolesterol ini berlawan sifat dengan LDL, karena HDL merupakan kolesterol baik.