Habbatussauda adalah Tanaman Obat

Habbatussauda adalah Tanaman Obat

Tanaman Obat

Syifa Herbal Alami – Berbagai macam tanaman kecil yang tumbuh di banyak tempat dan tidak kita perdulikan, ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang berguna untuk dijadikan sebagai obat herbal. Itulah yang dinamakan dengan tanaman obat.

Sifat Tanaman Obat

Berukuran kecil, tetapi besar nilai dan kandungan di dalamnya. Terapi dengan menggunakan tanaman obat herbal bukanlah suatu hal yang baru, tetapi sudah sangat tua, setua umur manusia itu sendiri. Terapi dengan tanaman obat nyatanya lebih baik dari pada terapi dengan menggunakan obat-obatan kimia sintetis. Dari segi harga obat dari tanaman herbal jauh relatif lebih murah, tersedia hampir disetiap dapur, serta tanaman obat herbal tidak pula menimbulkan efek samping yang berarti.

Obat Kimia yang Justru Menimbulkan Banyak Penyakit Baru yang Belum Diketahui

Ada sejumlah dokter yang menyatakan bahwa penggunaan obat-obat kimia dalam jumlah banyak dan waktu yang lama maka dapat menyebabkan munculnya sejumlah penyakit yang belum pernah ada. Seorang doktor bernama Dr. Abdulrahim Haji, yang merupakan dosen pengobatan natural dan terapi herbal di Universitas Al-Azhar, mengatakan:

“Pengobatan dengan menggunakan bahan herbal telah menunjukan keberhasilan yang berkesan. Masyarakat Mesir sudah lama menggunakan pengobatan ini. Konsep dan metode yang digunakan masih bisa ditemukan pada dinding-dinding peninggalan bangunan ibadah dan lembara-lembaran kertas papyrus dari Dinasti Firaun”

Dr. Abdulrahim Haji mempercayai bahwa kecenderungan masyarakat untuk kembali pada pengobatan berbahan herbal disebabkan oleh munculnya banyak menyakit baru yang tak diketahui sebelumnya dan tidak dikenal jenisnya. Ada banyak riset yang sudah membuktikan bahwa pengobatan natural selalu memberikan manfaat tanpa menimbulkan risiko atau efek samping yang kompleks sebagaimana terdapat pada obat-obatan kimia. Beberapa kajian medis yang paling mutakhir telah membuktikan bahwa pada umumnya obat-obat dari bahan kimia menyembuhkan satu penyakit tetapi juga ada yang mendatangkan penyakit lain. Maka dari itu, pengobatan dengan herbal menjadi sangat bermanfaat bagi para penderita suatu penyakit yang mengalami alergi terhadap obat berbahan kimia.

Tanaman Obat Bernama Habbatussauda

Habbatussauda mengandung fosfat, zat besi, fosfor dan karbohidrat. Habbatussauda juga memiliki kandungan antibiotik yang dapat menghancurkan berbagai jenis bakteri. Di antara kandungannya, ditemukan karoten yang dikenal sebagai zat anti-kanker. Tanaman habbatussauda ini juga mengandung hormon-hormon seksualitas yang berguna untuk menguatkan, menyuburkan dan meningkatkan vitalitas, serta melancarkan saluran urin dan juga cairan empedu. Ia juga mengandung enzim-enzim untuk pencernaan dan anti-asidosis. Di dalam habbatussauda juga terdapat zat-zat analgesik, serta zat-zat perangsang. Baru-baru ini telah diketahui bahwa habbatussauda mempunyai fungsi untuk meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh dalam mencegah serangan penyakit dan juga menghilangkan penyakit.

Ada Apa dengan Habbatussauda ?

Jika Anda diberitahu bahwa seorang doktor yang sangat ahli dan jenius telah menemukan ramuan dari tanah sebagai obat, sudah pasti Anda akan mempercayainnya. Dan demikian pula, andaikata doktor tersebut membuat balsem dengan menggunakan bahan dari racun serangga, niscaya Anda akan turut ikut menggunakannya sebagai obat tanpa adanya keraguan. Anda telah sepenuhnya mempunyaki keyakinan sebab obat tersebut telah diramu oleh seorang doktor yang terpandang dan dikenal. Lantas bagaimana jika resep tersebut berasal dari manusia terbaik, doktornya seluruh umat manusia, seorang Rosul pembawa rahmat dan mukjizat, Nabi Muhammad ﷺ? Beliau telah memberitahukan pada kita tentang sebuah biji yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, yaitu Habbatussauda. Bukankah beliah lebih sepantasnya dipercaya? Beliau tidak pernah berbicara dengan disertai hawa nafsy, beliau adalah rahmat dan nikmat yang dianugerahkan oleh Alloh kepada kita semua dan beliau adalah manusia yang jujur dan percaya. Semoga sholawat dan salam terlimpahkan kepada beliau.

Nabi Muhammad ﷺ bersabda :

Hendaklah kalian menggunakan habbatussauda, sebab di dalamnya terkandung kesembuhan untuk segala macam penyakit, kecuali As-Saam yaitu kematian.”

Habbatussauda juga memiliki kandungan zat-zat antibiotik yang dapat memusnahkan virus, mikroba dan bakteri; karoten yang merupakan zat anti-kanker; hormon-horman seksual yang berfungsi untuk menguatkan, menyuburkan dan meningkatkan kebugaran; zat- zat diuretic yang melancarkan pengeluran urin dan cairam empedu; enzim-enzim pencernaan dan zat anti-keasaman serta bahan-bahan analgesic dan stimulant. Sungguh banyak keajaiban, rahasia dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Jika para peneliti melakukan penelitian terhadapnya, niscaya mereka akan menemukan kesimpulan bahwa habbatussauda dapat menggantikan kebutuhan apotek dan doktor. Tetapi, hal tersebut berlaku bagi siapa saja yang mempercayai dan menyakini terhadap sabda “penghulu para Rosul” dan “doktor bagi orang-orang bingung”, Muhammad Rosululloh ﷺ.